Pages

news.detik

Minggu, 15 Februari 2015

Mana Yang Benar?

Kalau kita mendengar pertembatan di internet, di media sosial atau di milist. kita sering membaca kalimat "orang yang berpenampilan baik belum tentu hatinya juga baik, tapi orang yang hatinya baik sudah pasti berpenampilan baik pula." Ini adalah pokok coretan saya kali ini.
Jika kita membaca statement seperti itu, mungkin sebuah statement yang sudah sangat umum digunakan dalam perdebatan di dunia maya. Bukan hanya perdebatan sebenarnya, namun juga dalam status di facebook, twitter dan lain-lain. Tapi pertanyaan lain muncul di benak saya, memang benar orang yang hatinya baik pasti berpenampilan bak juga? bukankah baik atau tidaknya sesuatu itu kebanyakan relatif dalam artian tergantung siapa yang menilai?
Seperti Alm. Bob Sadino, beliau orang baik tapi penampilannya tidak begitu baik karena kemanapun beliau pergi, beliau selalu menggunakan celana pendek. Mungkin bagi orang-orang yang sudah mengenal baik beliau menganggap itu sebagai gaya khas beliau, tapi bagaimana yang tidak kenal dengan beliau?
Selain itu juga beliau seorang pengusaha kaya dan pesohor yang dekat dengan dunia hiburan, sehingga orang akan menganggap bahwa penampilan beliau itu adalah sebuah gaya khas beliau. Tapi apa yang terjadi jika mohon ma'af, beliau bukan alm. bob sadino yang kita kenal kini. Jika beliau cuma seorang karyawan biasa misalkan, apa anggapan orang ketika dia ke kantor berpenampilan demikian?
Bagi saya baik atau tidak seseorang itu dilihat dari cara dia berperilaku, terlepas dari seperti apa penampilan dia. Karena kita hanya manusia biasa yang hanya bisa menebak-nebak, bukan Tuhan yang Maha Mengetahui. Benar kata pepatah, "dalamnya lautan dapat diukur, hati dalam siapa yang tahu."

//sekian coretan kali ini//
Banyak yang ingin saya bahas dalam coretan-coretan berikutnya..
Tanpa ingin menyinggung pihak manapun atau siapapun, ini hanya sebuah coretan seorang anak bangsa yang ingin meluapkan hasratnya untuk menulis.

SALAM BANGGA JADI INDONESIA.....!!!!!

2 komentar: