Pages

news.detik

Senin, 25 Juli 2016

Anak Bangsa Berprestasi, Namun Luput Dari Pemberitaan

Jika membaca tulisan saya kali ini, sebagian besar orang mungkin sudah tau apa yang akan saya tulis.
Ya, sebuah keheranan yang teramat sangat besar dalam diri saya. Belakangan ini, kita disuguhi banya sekali audisi-audisi dan ajang pencarian bakat, tapi dari banyak stasiun TV yang menyuguhkan acara serupa hanya sedikit stasiun TV yang mengeksplorasi bakat dibidang sains dan teknologi karya anak bangsa. Kenapa ya??
Pertanyaan ini seringkali muncul dibenak saya, mungkin ada lagi anak bangsa lain yang berpikiran sama dengan saya.
Bukan bermaksud menyudutkan atau menyalahkan pihak manapun, namun apa tidak ada pihak yang memiliki perhatian pada bidang sains dan teknologi? apa sains dan teknologi tidak penting untuk bangsa kita?

Yang saya lihat setiap hari dari berbagai banyak stasiun TV adalah ajang pencarian bakat dalam dunia hiburan, hanya dunia hiburan yang diangkat dan dibesarkan oleh stasiun TV di negara ini. Memang masih ada beberapa stasiun TV yang menayangkan acara-acara semacam cerdas cermat antar sekolah, namun hanya segelintir stasiun TV saja yang menampilkan termasuk LPP TVRI.
LPP TVRI memang sebuah lembaga negara, dan masih menghadirkan acara yang mengekplorasi kemampuan anak bangsa di bidang sains dan teknologi.
Entah apa yang menjadi pertimbangan stasiun-stasiun TV di negeri ini, sehingga lebih banyak menampilkan dan mengeksplorasi kemampuan anak bangsa di bidang hiburan. Tapi yang sudah menjadi rahasia umum adalah, rating, sponsor dan profit. Bahkan ada yang bilang, untuk uang maka nasionalisme akan dikesampingkan.
Hebatnya bangsa ini, banyak anak-anak bangsa ini yang berprestasi bahkan sampai tingkat internasional. Mirisnya, hanya segelintir saja yang masuk pemberitaan. Masih kalah gencar dengan pemberitaan goyang itik yang menhina lambang negara dan malah menjadi duta. Bagaimana kabar anak-anak kita yang berlomba dalam bidang sains dan teknologi di luar negeri?
Seharusnya, pemberitaan tentang prestasi-prestasi anak bangsa kita lebih gencar lagi. Sehingga bisa meningkatkan kepercayaan diri bangsa dan rasa nasionalisme kita. Jika kita lihat di internet, memang banyak sekali tentang lomba-lomba yang mengeksplorasi bidang sains dan teknologi. Sekali lagi, masih jarang yang diberitakan di TV nasional kita. Kalah dengan Gosip selebritis yang bisa muncul dua kali sehari seperti minum obat hampir disemua stasiun TV ada, tapi jarang stasiun TV yang mengulas lebih dalam tentang inovasi-inovasi dalam bidang sains dan teknologi karya anak bangsa Indonesia.
Memang semua orang sadar, acara yang bertemakan hiburan memang banyak menggerakan sendi-sendi ekonomi dan lebih banyak profit atau keuntungan. Apa lagi dijaman yang katanya serba sulit, maka masyarakat lebih menginginkan tayangan hiburan. Namun bagi saya, harus tetap seimbang dengan acara yang bersifat edukatif.


//sekian coretan kali ini//
Banyak yang ingin saya bahas dalam coretan-coretan berikutnya..
Tanpa ingin menyinggung pihak manapun atau siapapun, ini hanya sebuah coretan seorang anak bangsa yang ingin meluapkan hasratnya untuk menulis.

SALAM BANGGA JADI INDONESIA.....!!!!!

0 komentar:

Posting Komentar